Berikut beberapa aturan penting dalam menggunakan alat bantu pendengaran:

1. Jangan gunakan alat bantu dengar saat mandi dan mencuci muka

Memakai alat bantu pendengaran saat mandi dan mencuci muka hanya akan membuatnya cepat rusak karena kemasukan air dan sabun. Jadi, pastikan Anda selalu ingat untuk melepasnya sesaat sebelum mandi, mencuci muka, maupun melakukan kegiatan apa pun yang berpotensi memasukan air ke dalam alat bantu dengar.

2. Hindari menggunakan alat bantu dengar di suhu yang terlalu panas atau dingin

Segera simpan alat bantu pendengaran Anda ketika berada di lingkungan dengan suhu yang sangat dingin atau panas. Ambil contoh, ketika hendak berenang di bawah terik matahari yang menyengat, sebaiknya copot dan tinggalkan alat bantu pendengaran Anda daripada tetap memakai dan malah membuat fungsinya tidak optimal lagi.

3. Rutin membersihkan alat bantu dengar setiap malam hari

Meski sudah sangat lelah dan mengantuk, sempatkan sebentar untuk membersihkan alat bantu pendengaran sebelum tidur. Membiarkannya dalam keadaan kotor sampai esok hari akan membuat kotoran di dalamnya menumpuk, sehingga tidak nyaman saat digunakan.

4. Sedia rangkaian pembersih alat bantu dengar

Jika Anda memiliki alat bantu pendengaran, Anda juga harus melengkapi peralatannya dengan menyediakan serangkaian alat pembersih khusus. Semakin sering digunakan, semakin banyak jumlah kotoran telinga yang menumpuk di dalam alat bantu pendengaran. Ini akan membuat alat tersebut tidak dapat berfungsi secara efektif bila tidak rutin dibersihkan.